Faktor Kelemahan Usaha Kecil Menengah

Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu tulang punggung perekonomian sebuah negara. Kemandirian ekonomi sebuah negara didukung oleh perkembangan usaha kecil menengah masyarakat nya. Usaha kecil menengah perlu terus dikembangkan dan dimajukan, meskipun pada fakta nya usaha kecil menengah di Indonesia mengalami banyak kendala yang menghambat para pelaku usaha kecil menengah dalam mengembangkan bisnis usaha. Kendala tersebut bisa munculnya akibat dari kebijakan pemerintah yang kurang tepat maupun dari faktor internal para pelaku usaha kecil menengah.

Berikut ini beberapa faktor kelemahan usaha kecil menengah yang biasa dialami oleh para pelaku bisnis usaha kecil menengah tersebut:

  1. Lemahnya produktifitas

Ada banyak hal yang menyebabkan lemahnya produktivitas usaha kecil menengah yang ada, diantaranya adalah soal pengetahuan yang minim terhadap keuntungan kegiatan wirausaha. Orang merasa was-was dan ragu untuk memulai sebuah usaha kecil menengah, tidak punya bekal yang cukup untuk mengembangkan sebuah usaha bisnis. Akibatnya, produk yang dihasilkan monoton dan tidak ada inovasi. Hal ini akan menyebabkan pasaran berkurang dan pada akhirnya ditinggalkan oleh pasar.

  1. Lemahnya kualitas

Lemahnya kualitas usaha kecil menengah di tengah masyarakat tidak terlepas dari faktor teknologi yang mendukung usaha kecil menengah tersebut. Negara-negara maju dapat menghasilkan produk-produk usaha kecil menengah yang cukup berkualitas tak lain karena didukung oleh teknologi yang cukup baik. Indonesia masih cukup merasa percaya diri dengan peralatan konvensional untuk mengelola sebuah usaha bisnis, akibatnya produk-produk usaha bisnis kita sulit bersaing di pasar lokal maupun internasional karena terbentur soal kualitas tadi.

  1. Lemahnya kebijakan

Pemerintah perlu terus mendukung upaya pengembangan usaha kecil menengah, membangun orientasi jiwa pebisnis bagi para generasi muda. Kebijakan ekonomi pemerintah diharapkan selalu berpihak kepada para pelaku bisnis usaha kecil menengah, tidak malah justru merugikannya. Pemerintah juga perlu terus mengupayakan program dana bantuan bagi para pengusaha yang ingin serius menjalankann usaha bisnis. Upaya pemerintah tersebut secara tidak langsung telah membantu upaya perbaikan ekonomi jangka panjang negara Indonesia.

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

  • Archives